Dapatkan Dollar ($) Gratis dari Internet *** Klik dibawah ini *** Buruan sebelum TERLAMBAT *** Free For You

Ubah Bahasa Anda

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Sabtu, 24 Maret 2012

Mencegah Dan Mengatasi Asam Urat Dan Kolesterol

Diposting oleh sampratama di 21.05

Sudah lama gak nulis tentang dunia kesehatan alias tips dan tips yang pernah saya ketahui terutama dari pengalaman keseharian saya bersama orang tua saya. Tips kali ini saya berhubungan dengan penyakit bapak saya yang kena Asam Urat dan sedikit juga Kolesterol. Nah kalau lagi kumat asam uratnya tuh, biasanya persendian bapak entah itu kaki di engselnya, atau di lututnya tau di jempolnya pada bengkak kek kesleo dan sakit banget katanya. Kalau gak kaki ya larinya entar ke persendian tangan, di engselnya sih biasanya. Nah kalau udah gitu lagi, bapak saya suka jalannya pincang (kalau kena kaki), bahkan pernah gak bisa jalan sama sekali, sampe nglesot jalannya.
Satu hal yang saya ketahui, asam urat selalu berkaitan dengan makanan yang dimakan bapak. Kalau keseringan makan gorengan (dan minyakknya itu bukan minyak non kolesterol aka minyak curah) pasti deh kumat tuh asam urat. Makan makanan dari ketan juga entar kumat deh tuh asam urat. Makan kangkung, makan kubis, kebanyakan juga bisa kumat lagi tuh. Pokoknya pantangan makannya banyak.
Nah kalau lagi mau kumat, alias lagi mau nyeri or sedikit nyeri di persendian, sekarang bapak saya punya jurus ampuh mengatasinya. Bapak saya nglinting dan menguyah daun BIAHONG (pokoknya nyebutnya gitu, saya gak tahu nama ilmiahnya), dan setelah itu selang satu dua hari makan dan nglinting serta menjaga pola makan akhirnya reda sudah juga tuh nyeri karena asam urat. he he he… Jangan lupa tinggal dipetik daunnya, dicuci pake air bersing, langsung deh dimakan mentah2. Itu sih cara bapak saya..
Asam urat merupakan sebutan orang awam untuk rematik gout (gout artritis). Penyakit ini merupakan gangguan metabolik yang disebabkan asam urat (uric acid) yang menumpuk dalam jaringan tubuh. Asam urat adalah zat yang merupakan hasil akhir dari metabolisme purin dalam tubuh yang kemudian dibuang melalui urin. Pada kondisi gout, terdapat timbunan atau defosit kristal asam urat di dalam persendian. Sendi merupakan bagian yang paling mudah dihinggapi kristal-kristal asam urat
Nah,…Berikut ini makanan yang dapat menaikan kadar asam urat darah, yang harus dihindari oleh penderita gout :
- jeroan seperti usus, limpa, paru, hati, jantung, dan otak.
- Melinjo dan olahannya seperti emping- Kacang-kacangan yang dikeringkan beserta olahannya seperti kedelai, – kacang tanah, kacang hijau, toge, oncom, tempe, tahu.
- - Makanan yang diawetkan seperti sarden, kornet.- Kerang, kepiting, cumi-cumi, udang, ekstrak daging/kaldu
- - Minuman beralkohol seperti bir, tape, ragi, tuak, dan minuman hasil fermetasi lainnya.
- - Sayuran dan buah seperti : bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kacang polong, kacang buncis, kembang kol, nanas, durian, dan air kelapa.
Semua diatas itu pantangan untuk dimakan oleh penderita Asam Urat
Adapun jenis tanaman berkhasiat obat yang dapat digunakan untuk mengatasi asam urat di antaranya yaitu :
1.SAMBILOTO (Andrographis paniculata)Efek : antiradang, menghilangkan nyeri, penawar racun
2.KUMIS KUCING (Orthosiphon aristatus)Efek : antiradang, peluruh kemih, menghancurkan batu ginjal dari kristal asam urat
3.DAUN SALAM (Eugenia polyantha) Efek : Sebagai peluruh kencing, penghilang nyeri .
4.ALANG – ALANG (Imperata cyllindrica)Efek : peluruh kemih
5.CEPLUKAN (Physalis angulata)Efek : peluruh kemih, antiradang, meredakan sakit, menetralkan racun
6.TEMU LAWAK (Curcuma xanthorrhiza)Efek : anti-radang, menghilangkan nyeri, peluruh kemih
7.JAHE MERAH (Zingiber officinale)Efek : anti-radang, anti rematik, melancarkan sirkulasi darah
8.KUNYIT (Curcuma longa)Efek : anti-radang, menghilangkan nyeri, melancarkan darah dan vital energi.
9.MENIRAN (Phyllanthus urinaria)Efek : anti-radang, peluruh kemih, penurun panas.
Berikut contoh resep tumbuhan obat untuk mengatasi asam urat :
Resep 1.
10 gram sambiloto kering + 20 gram kunyit + 15 lembar daun salam, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.
Resep 2.
30 gram daun kumis kucing kering atau 60 gram yang segar + 60 gram akar alang-alang + 15 gram ceplukan kering atau 30 gram yang segar, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum.
Resep 3.
30 gram temu lawak + 30 gram jahe merah + 2 buah mengkudu + 2 batang sereh, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.
Resep 4.
30 gram akar sidaguri kering + 30 gram anting-anting beserta akarnya, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum setelah dingin.catatan :pilih salah satu resep dan lakukan secara teratur.
Untuk perebusan, gunakan periuk tanah, panci enamel atau panci pyrex.Lakukan diet rendah purin .
Yang terutama sekali adalah jangan memakan makanan yang dipantang, jika tetap dicoba juga, penyakit tersebut datang pada saat sari makanan di olah didalam tubuh dan dicerna oleh sendi.
Semoga bermanfaat ya dan semoga bisa membantu

0 komentar:

Posting Komentar

Pasang Iklan disini

Tentang sampratama

Foto Saya
sampratama
Sebagai insan yang hidup didunia. Tidaklah pantas kita menyombongkan diri. Kita adalah makhluk yang lemah, kecil & tidak berdaya. Berbaik hatilah pada semua orang.
Lihat profil lengkapku
Semoga Tips Kami Dapat Bermanfaat Untuk Anda. Jika Anda Butuh Informasi, Kirimkan Kritik & Saran Anda ke E-Mail Kami : sampratama.safahonline@gmail.com
 

Copyright © 2011 TIPS ANDA | Design by Kenga Ads-template